Cara Mengatasi Bingung Mau Nulis Apa ? Ini solusinya

Cara Mengatasi Bingung Mau Nulis Apa ? Ini solusinya
Ilustrasi : Google.com

Bingung mbah Google mau nulis apa ? Bingung mau nulis artikel apa ? Ternyata saya iseng iseng mengetik di mesin pencarian yang bernama Google. Seperti ini, Bukan saya saja yang mengalaminya. Bahkan di suatu pembahasan lain dikatakan tak terkecuali yang Senior. Yang sebelumnya mampu menulis atau membuat artikel disetiap gagasan atau ide ide yang muncul di kepala menjadi sebuah tulisan yang bisa di baca. Namun ada dimana mereka kebinggunan mau nulis artikel apa, ataukah Mungkin saking banyaknya gagasan kita yang muncul dikepala sehingga kita tak mampu mengontrol untuk mengolah ide maupun gagasan itu menjadi sebuah tulisan yang bisa dinikmati diri sendiri mau pun orang lain ! Apa yang seharusnya kita lakukan ?

Sebelum melanjutkan hingga akhir. Pastikan dulu anda tak butuh artikel ini. Dan Anda benar benar sehat hari ini. karena Tulisan ini sengaja saya buat untuk diri sendiri agar ketika dilanda bingung mau nulis apa ? ini yang saya pakai Dan umumnya bagi kawan kawan yang membutuhkan. Terutama yang hingga kini masih kebingungan mau nulis apa ? Sebab referensi hanyalah pengalaman pribadi semata. Jangan lupa baca Bismillah dulu.

  • Langsung Tulis
Umunya ketika kita ingin menulis. Ini yang umum lhoo yaaa, Umumnya blogger newbie seperti saya contohnya hehehe. kita Tidak langsung menulis. Terkadang malah salah fokus. Misalnya saja, setelah kita berada di dasbord kita malah membaca komentar, lihat statistik, dan berbagai baca bacaan'an yang lain. Inilah salah satu penyebab hilangnya sebuah ide lenyap entah kemana.  Fikiran kita sudah tak fokus  kepada keinginan kuat untuk menulis konten. 

Solusinya, Langsung menulis saja. Abaikan hal hal yang saya sebutkan di atas tadi. Kita masuk dasbord langsung tulis saja. Jika sebuah ide maupun gagasan kita ini langsung di tulis walaupun hasilnya buruk. Minimal kita sudah mempunyai bahan yang selanjutnya bisa diperbaiki dilain waktu atau kita tuntaskan hingga menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca juga tidak papa asalkan kita memiliki waktu yang senggang.

Iya hasil yang buruk, Tidak papa. Dari pada mumet ngak menghasilkan apapun. Mending mempunyai tulisan walau pun hasilnya kurang memuaskan. Setidaknya kita sudah dapat draft baru. Nah,, Setelah selesai menuangkan gagasan mau pun ide yang muncul dikepala kedalam media. Barulah kita melakukan aktifitas blogging yang lain. Contoh Blogwalking.

  • Pokoknya Tulis
Cerita dulu yak, Kalau ngak cerita kurang asek. Dulu saya sempet menulis cara tercepat agar memiliki tulisan sampai ribuan kali dalam waktu yang tergolong singkat. ketika habis menulis ini beberapa hasil dari motivasi ini membuat saya bisa menulis yang sangat panjang sekali minimal saya harus memiliki tulisan lebih dari seribu kata. Bahkan dalam suatu tulisan saya dalam waktu yang sangat singkat sekali saya bisa menulis lebih dari tiga ribu kata yang selanjutnya saya menjadikan tiga konten. Agar saya sendiri maupun yang baca tidak bilang " Kok tidak habis habis". Kala itu, Sumpah saya senang sekali bisa menumpahkan semua beban fikiran yang ada, Kalau ndak percaya ini dia tulisan saya yang dulu. Kegiatan Para Peserta Kopdar Blogger Jawa Timur Di Kabupaten Bojonegoro

Namun cara yang saya lakukan itu sekarang bagi saya sudah jarang saya gunakan karena hasilnya kurang memuaskan. Cara tersebut memang menghasilkan tulisan yang banyak namun jika di teliti pembahasannya kemana mana. Menurut keyakinan sayaaaaa. Untuk hal menulis yang baik informatif dan jelas lebih lebih untuk menyasar khalayak umum rasanya kurang cocok. Sebab tulisan yang baik dan mempunyai bobot itu bukanlah tulisan yang panjang akan tetapi sebuah tulisan jika dibaca seseorang ia akan merasa puas, memuaskan dan ada rasa senang. Jika dibaca sendiri terasa ada sebuah klimaks yang luar binasa hedeh hadeh luar biasa maksut eike. Haduh ketularan saya. Pokoknya ada kebahagian tersendiri. ini versiku. 

Lebih lebih bisa menulis hingga puanjang luebar dan sangat nikmat dibaca malah josss keknya hehehe. Maka sesekali saya gunakan jurus ini, Ya udah saya berikan secuil Cara Cepat Belajar Menulis Artikel Blog : Agar Memperoleh Tulisan Yang Banyak untuk yang membutuhkan.

Kesimpulannya dari cerita ini, dan kembali ke Cara Mengatasi Bingung Mau Nulis Apa ? Maka saya simpulkan dan adapun solusinya cukup mudah bisa digunakan siapa saja. Ngak usah bingung bingung mau nulis apa. Tulis saja. Yang penting tulis. Jangan berfikir apapun dikala rasa bingung menghampiri. Pokoknya Tulis. Setelah menulis terserah mau di publikasikan atau tidak terserah. Yang terpenting kita sudah menulis. Jangan takut. 

  • Jangan Takut 
Saya meyakini didalam dunia tulis menulis, Tidak perduli, Baik yang sudah senior pun sekalian memiliki rasa takut. Namun takutnya seorang penulis (senior) berbeda dengan seorang penulis pemula. Mereka (senior) tentunya menginginkan tulisannya agar bisa dinikmati kalayak umum. Ibarat seorang penjual Tahu bulat di goreng di atas mobil lima Ratusan. Dia menghidangkan Tahu Bulatnya yang paling enak dengan racikan bumbu yang khusus. Intinya takutnya seorang senior lebih kepada takut ngak ada pembeli. hehe kurang cocok yak. Intinya takutnya senior,, Tidak ada rasa takut sama sekali, Masak senior kok takut ngak dinamis namanya hahaha.

Nah untuk yang pemula alias seorang newbie seperti eike. Ini akibat ketemu temen temen lawas jadi eike eike terus. Biasanya takutnya ini. Takut Tulisannya jelek, takut ngak enak dibaca, Takut dikritik atau dibuli dsb. Jika kamu seorang pemula seperti saya dalam hal menulis konten di dalam blog yang kita miliki. 

Solusinya di poin akhir ini. Abaikan ketakutan ketakutan seperti itu menyelimuti dirimu. Sebagai seorang pemula abaikan dulu urusan enak atau tidak. Pokoknya jangan takut untuk menumpahkan semua apa yang ada dikepala menjadi sebuah tulisan yang bisa kita baca  melalui indera mata. Btw kalau masih di dalam kepala apa ya nama Inderanya, Tahukah anda ?. Selagi ada rasa takut menyertai dirimu saya pastikan kita tak akan bisa menulis. 

Saya sendiri hingga kini juga masih diselimuti dengan rasa takut, Namun semua itu sirna setelah saya mendapatkan pencerahan dan pernyataan dari seorang teman yang saya anggap sudah senior didalam dunia tulis menulis maupun di dunia pemblogeran, dan IT. kurang lebih saat saya memperlihatkan tulisan saya dia bilang begini kala itu. Ngak papa mas tulisanmu yang itu dipublis saja, dari situ saya merasa mendapatkan keyakinan dan kepercayaan tingkat dewa hahaha.  

Bagi saya sendiri, Yang penting tidak menyalahi aturan wabil kusus UU IT kurang lebih yang menyatakan dilarang menerbitkan unsur sara, ras, dan berbagai hal yang tidak seharusnya dilakukan. Dari kata kata seperti inilah saya merasa bebas menulis, dan tak pernah ada rasa takut dibuli dikritik atau yang menyebabkan saya menjadi malu dengan tulisan saya. Biar bagaimana pun bebasnya saya menulis saya tetap memperhatikan poin poin yang lain. Memang saya hanyalah blogger biasa  namun kawan kawan saya adalah Blogger luar biasa semua, Saya belajar dari mereka. Thank You. 

Kiranya ada manfaat yang bisa di manfaatkan dari rasa yang ingin berbagi ini. Beginilah cara saya untuk mengatasi bingung mau nulis apa ?. Nah kalau anda telah kelar membaca hingga akhir paragraft ini. Survey membuktikan bahwa anda suka membaca, Suka mencari tahu, dan selalu belajar dari setiap bacaan yang anda baca pokoknya anda is the best ok. Sekarang boleh tahu dong para pemirsa sekalian. Bagaimana cara anda untuk mengatasi bingung mau nulis apa ?. Microfon saya persilahkan untuk Anda. Agar saya juga bisa terus update di bulan Mei nanti sebab saya tidak tahu apakah saya lebih banyak dari sebelumnya atau malah sebaliknya , atau malah tak ada kabar sama sekali ( kita lihat saja nanti di Blog Junaidi ) ini dan tentunya tidak kebingungan lagi mau menulis apa. Monggo, Kopi mana kopi :)
Belajar Opini

49 Komentar untuk "Cara Mengatasi Bingung Mau Nulis Apa ? Ini solusinya"

  1. Ya, sambil nyimak dan santai nyemil sama nyeruput kopi dulu mas. He...., he.... he....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa.. Makasihh terimakasih kopinya tak minume dulu.. Pak indra kusuma sejati.

      Hapus
  2. Saya juga sama mas, kadang bingung mau nulis apa, tapi setelah 'memulai menulis' seterusnya banyak hal yang bisa dituangkan ke dalam bentuk tulisan yang pada awalnya malah tidak terlintas dalam pikiran. Mungkin kuncinya sebaiknya kita memang harus segera 'memulai' sebelum semuanya hilang di telan bumi, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,, asek saya dikasih kunci lagi.. Makasih kang. Kalau sudah tertelan bumi lenyap sudahlah kita.. Haha kang maman bisa aja.

      Hapus
  3. Kalau saya biasa menulis bebas mas karena itu salah satu teknik yang disarankan penulis senior biar produk tif menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh ini dia, tekniknya. Makasih pak dwi... Tekniknya sudah dibagikan.. Lanjutkan.. Hehehe

      Hapus
  4. sipp nih mas triknya.. bisa dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kalau dirasa perlu di coba.. Semoga semua semakin di depan.. Terimakasih. Hehehe

      Hapus
  5. Sama saya juga kadang bingung mau nulis yang nama, soalnya di otak kebanyakan stok ide, sehingga kebingungan tapi ketika aroma kopi tercium oleh hidung saya di sanalah otak bisa menentukan salah satu ide yang harus di buat artikel, ya, pokoknya intinya kopi hitam tak harus lepas. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya kopi hitam harus selalu ada.. Biar bisa tercium oleh hidung.(mbak nel) :)

      Oiya.. Minta stoknya satu donggg mbak nel. Hehehe.

      Hapus
    2. Iya betul.

      Minta ya ke rumah ku tho.. :)

      Hapus
    3. Harus kerumahmu yaaa?

      Klau itu maumu, Tunggulah kedatanganku. Hahaha

      Hapus
    4. Hari gini minta, mbayar tauuukkk... :D

      Hapus
    5. Kalau ada yang gratis ngafain, bayarr hehe

      Hapus
  6. Terkadang memang bingung mau nulis apa? Tapi biasanya saya matikan hp kemudian pergi ke taman dan setelah itu ku dapat ide :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp,, Makasihh partisipasinya.. Neng :)

      Mbok yaa !! saya di ajak juga kalau pergi ketaman hehehe.

      Hapus
  7. bagi oara blogger sepertinya sudah mengalami ya yang namanya bingung mau buat artikel, tipsnya boleh juga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya iya kang Rio, Tapiii,,, Entahlah hehehe.

      Hapus
  8. Kalo saya sih kudu blogwalking biar dapet ide :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saluh satu jurus mendapatkan ide dengan Blogwalking ya kang riyad. sipp dehh saya catet :)

      Hapus
  9. Kalau saya malah berbeda mas, mau nilus paling tidak kita punya atau membuat sebuah komsep terlebih dahulu, nah konsep ini star di mana kita memulai menulis. Karna tuliasan kita akan terbaca secara publik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ini Trik posnya, yang artinya kurang lebih ketika kita menyasar ke publik harus di konsep dahulu sebelum menulis. Suwon alias terimakasih aspirasinya hehehhe

      Hapus
    2. sebelum kita star motor tentunya kita punya tujuan iya kan nah baru star motor walupun nantinya hanya sekedar jalan jalan, begitu pun juga soal mau nulis artikel...

      Hapus
    3. Sipp dahh trik post pancen ngeten, Di minum dulu lhoya kopinya kang hehehe

      Hapus
  10. kalo banyak mikir emang gak bakal nulis2 mas hehehe...bener koq tulis aja dulu...ntar jg masih bs di edit..dipercantik....biasanya setelah ditulis baru muncul ide yang sebenarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide yang sebenarnya muncul saat setelah menulis dari ide yang pertama. Kira kira begitu ya kang jhonn.. Matur tengkiyu kang jhonn jangan lupa cemilannnya di makan. Hehehe

      Hapus
  11. Bingung mau nulis apa?
    Kalau saya biasanya saat ada ide, saya tulis di note dulu, kang. Kemudian saya sambung lagi saat ide lanjutannya muncul. Soalnya kalau harus langsung menulis di dashboard, tentu saja akan hilang fokus karena ingin melihat2 yg lain. Dari pada ntar salah fokus, mending ngopi di rumah saja. Kalau ngopi di luar pasti banyak godaan yang lewat sehingga kita tidak fokus dengan tujuan awal kita.
    Lho, ya tohhh... Membahas soal menulis malah fokus ke kopi. Hahaha
    Lanjuuttt ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa... Masih mending salah fokusnya ke kopi.. Coba salah fokusnya keorang yang buat kopi.. Malahh anu kang hehe..

      Kalau ada ide di tulis di buku kecil dulu sebelum masuk kedasbord.. Baiklah kang djakka tarub lanjutkannnn.. Ke kopi Hehe

      Hapus
  12. Kalau bingung harusnya berfikir, berfikri sambil nulis..hehe
    Sebenarnya banyak yang bisa ditulis dari sekitar kita ya, Mas.

    Saat ini apa-apa bisa ditanyakan langsung sama si mbah google ya. Mau makan tanya, maen tanya. Begitupun dengan kebingungan mau nulis apa .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap betul berfikir sambil nulis, memang sih ya.. Banyak sekali yang bisa kita jadikan bahan dari sekitaran tempat kita, kadang saking banyaknya malah ngak ketulis hehehe..

      Namun ada satu yang mbah gogle ngak tahu. mbah google ngak mampu menemukan jodoh saya hahahaha

      Hapus
    2. Haha.. Mbah google belum bisa kalau itu Mas..
      Tapi mbah google kasih tahu seperti apa kriteria jodoh yang baik itu..hehe

      Hapus
  13. Wah beruntung saya bisa nyasar dimari, dan ini nih yang selalu menjadi kendala terbesar saya yang suka kebingungan sendiri mau nulis apa gitu? padahal ide sudah ada bahkan peristiwanya sudah saya lalui tapi kadang masih suka bingung bagaimana memulai untuk menuangkan ide dan peristiwa tersebut ke dalam bentuk tulisan. Sampe akhirnya ide atau peristiwa tersebut lenyap deh gak keburu ketulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Somoga nyasarnya ini.. Bermanfaat. Dan tidak bingung lagi. Hingga akhirnya pristawa yang kamu lalui bisa dituangkan ke wadah yang sudah di sediakan.. Okay mas broww makasiihhh hikz.. Hikkz.

      Hapus
  14. Aku sering macet nulis gini Mas, makasih sharingnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama.. Moga ndak macet macet lagi.. Hhehe

      Hapus
  15. Kalau gitu saya tidak sendiri ya, bingung mau nulis apa, mengalami hal ini adalah hal yang biasa, saya lebih memilih santai sejenak kalau sudah bingung masih dipaksakan rasanya itu tidak bisa. Saat ide muncul tulislah walau satu baris bagus kalau dapat satu paragraf
    kadang ide bermunculan, tapi situasi di dunia maya mengacaukan pikiran, mencoba untuk tetap diam untuk tidak menulis karena ada khawatiran disangkut pautkam dengan masalah yang tidak jelas
    tp panggilan jiwa tak bisa dibendung akhirnya tersimpan dalam catatan saja

    nah ini komentarku kayaknya nggk nyambung dengan artikel, mungkin aku bermasalah dengan "mau nulis komentar apa?" hehe

    plissss maaaaf bangeeeeet hehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi saya sangat nyambung sekali.. Intinya kalau semua sudah tidak bisa diatasi maka itu tandanya butuh piknik.santai sejenak sambil nikmati kopi dulu. Namanya menulis adalah panggilan jiwa tetap ditulis biarpun tersimpan dicatatan saja.
      La.. Ngak nyambung juga.. Saya juga minta maaf ya bunda hehehe.

      Hapus
    2. Iya ini kesalahannya kalau nulis terlalu takut salah, akhirnya jadi bingung mau nulis apa hehe

      Hapus
  16. He..he..
    Mmm.. Sepertinya admin lagi bingung mau nulis apa..? Akhirnya muncul ide judul diatas.

    Setelah saya teliti, bukan admin saja yang sedang kebingungan mencari ide menulis, para makhluk dunia astral pun sedang kebingungan..!

    Mungkin tahun ini trend kebingungan akan menjadi trendik topic..! Ya sudah tidak perlu dipikirkan. Bawa enjoy sambil ngopi biar rilex 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Husss,, Jangan keras keras, Bongkar ktp orang aja, hehehe.

      Mungkin juga termasuk Pakar peneliti (Indra hidayat) dari universitas dunia astral. wkwkw

      Kalau mau ngopi ajakkin gue dong, Saya lempar'in ayatnya di buang tinggal kursinya saja baru tahu rasa kamu. Pis damai hehehehe.

      Hapus
  17. intinya, kalau sudah mentok dan ragum, yang penting ditulis aja ya apa yang ada dipikiran. Pengembangannya tinggal kita eksekusi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap.. Betul pengembangannya sehabis setelah.. Menenguk secangkir kopi hehe

      Hapus
  18. Setujuu...!! Kalo pengen nulis tulis aja. Gak usah takut hasil. Masalah suka atau enggak yang baca mah itu urusan terakhir yang penting udah berusaha nulis 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Intinya yang penting sudah berusaha gitu kan. Btw klau mau ke bali q dihubungi lho ya hahaha

      Hapus
  19. saya hanya akan bingung ketika anak sakit, kalau hal lain apalagi urusan nulis blog, rasanya sejak 2009 ngblog nggak pernah kebingungan nulis tuh...keren kan adminnya...#ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jos mang lembu.. Jauh lebih bingung lagi kalau urusan anak sakit.. Dan urusan lain selain ngeblog. Ini loo,, di contoh kawan kawan. Hehehe

      Hapus
  20. Sama saya juga gitu, ga jd fokus malah fban scrol time line

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bilang juga apa, Pasti gagal fokus, Mending kopinya di minum dulu kang aguss hehehe..

      Hapus
  21. Ide datang dan pergi cakjun, udah nulis setengah eh mentok,bingung mau nulis apa lagi, akhirnya ngedraft. hehe

    BalasHapus
Kebijakan Berkomentar di Blog CakJun
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel