Cara Cepat Belajar Menulis Artikel Blog : Agar Memperoleh Tulisan Yang Banyak

Cara Cepat Belajar Menulis Artikel Blog : Agar Memperoleh Tulisan Yang Banyak
Sumber Gambar  : Beginiceritanya.com
Mumpung salah satu temen saya ada yang ingin belajar menulis atau ingin mendalami dunia blogging. dan saya pun memilki waktu luang belum ada kesibukkan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya di dunia blogging kususnya Belajar Menulis. Saya sih sebenarnya juga tak begitu bisa amat tentang dunia blogging. Namun seringnya saya menulis yang terkadang tidak jelas. Dari pengalaman yang tidak jelas itulah saya berusaha memperbaiki ketidak jelasan itu sesuai apa yang saya dapatkan dari pengalaman di waktu saya belajar menulis.
Untuk teman Blogger pemula,  Membuat blog itu mudah tidak ada lima menit sudah jadi. Benarkan ? yang sulit itu adalah mengisi konten di dalam blog yang sudah kita buat ini. Setelah itu secara langsung kita telah menjadi blogger. Apa sih blogger itu ? 


Blogger adalah orang yang mengurus webblog. Jadi setelah kita membuat blog itu kita di sebut Blogger, Misal seperti Facebook orang yang mengandrungi facebook ini di sebut Facebooker.Maka ketika kita sudah menggeluti dunia Per-Blog-Geran ini kita mau tak mau harus menulis  sebagai isi  Blog.



Langsung ke TKP, Berikut ini ceritanya :




  • Mencari Waktu Yang Pas
Bagi saya Menulis merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketenangan, kedamaian, dan ketentraman jiwa dan harus konsentrasi. Tanpa keempat perkataan saya itu tak mungkin kita dapat menuliskan apa yang kita fikirkan dari sebelumnya.


Misal ketika kita penuh nafsu untuk menulis sesuatu dan tempat tinggal kita tidak tenang ada orang yang ribut atau dari dalam diri kita yang tidak tentram alias pikiran kita tidak tenang bin kacau apa mungkin kita bisa menulis yang ada kita malah pusing dengan tema yang akan kita tulis.


Maka hal yang harus kita lakukan adalah mencari tempat yang sekiranya tak ada gangguan seperti yang saya sebutkan tadi.  Atau  sebelum menulis kita tentukan waktu yang pas. kalau saya ketika mempunyai ide untuk menulis.



Biasanya saya damai dulu dengan alam bawah sadar saya agar nantinya pada saat menulis tak ada satu pun yang mengganggu. kalau ada bising bising jelas mengganggu konsentrasi kita.  Yang mengakibatkan pikiran kita malah kacau bin pusing yang pada akhirnya tidak mendapatkan tulisan yang banyak.




  • Sering Mengedite

Ketika kita sudah damai dengan lingkungan sekitar maupun dengan ketenangan atau pikiran pusing kita yang sudah damai. Ini mungkin masih ada kendala kendala lain misalnya dengan kehabisan kata kata di tengah tengah perjalanan menulis.



Apa penyebabnya ? Salah satu penyebab kita kehilangan kata atau kehabisan perkataan yaitu kita tidak menulis dengan menggunakan otak kanan. Kita sering mengedite edite kata yang salah  sebelum waktunya selesai.

Otak kiri memang sombong ia selalu ingin menunjukan kesalahan kesalahan dalam tulisan kita yang belum jadi. Hal apa yang seharusnya kita lakukan ? yang harus kita lakukan adalah  terus menulis saja biarkan otak kiri mengkritik  tulisan kita yang berantakan itu. 


Kita terus saja menuangkan apa yang ada di benak kita sampai habis.  Baru setelahnya  kita rapikan hasil tulisan kita yang berantakan ini.


Seperti pada artikel saya yang tengah sobat baca ini (sebelumnya) saya juga berusaha tidak mengedite tulisan saya agar bisa kelar sampai habis. Walaupun tangan saya terasa ingin menghapus, kesalahan kesalahan.


Namun  saya berusaha terus  mengikuti perintah otak kanan dengan santai kata demi kata yang keluar dari dalam diri. saya tuangkan kedalam media. ( Itung itung dalam rangka mengasah keamampuan saya mencoba bermain main di otak kanan.) hehe


  • Anggaplah Berbicara Pada Lawan

Adalagi cara yang efektif untuk menulis cepat dan banyak salah satunya dengan cara seperti kita berbicara kepada teman. Agggap saja, kita menulis ini kita sedang ngobrol di sebuah warung kopi becerita kenangan kenangan manis kita.



Layaknya seperti bercurhat kepada lawan mencurahkan isi hati kita sekalipun itu yang terpait nah kalau udah tuntas curhatan kita kan nantinya kembali manis juga. Aggaplah ! :D
  • Kurang Terbiasa Menulis

Sebenarnya pekerjaan yang mudah itu ya menulis. Tinggal coret coret saja, Tinggal mencatat dari hati saja. Namun terkadang dalam diri saya juga seringkali mengatakan menulis itu sulit.



Apa yang menyebabkan hal seperti ini ? kita hanya saja kurang terbiasa menulis. Coba kita tiap hari latian menulis terus menurus. Seperti latiannya seorang pemain bola yang tiap saat selalu menendang bola.

Dari tendangan pertama mleset kan lama lama goal juga. Sama kalau semakin menulis tentang apa saja setiap saat dan selalu menulis di media mana saja  misal nulis status di facebook, Twitter, Dan media lain dengan bermaksut sebagai latian agar segera mahir menulis dari yang hanya menulis beberapa kata kan lama lama juga banyak.


Apakah ada aturan kusus untuk menulis ? 



Sepengetahuan saya, Dari beberapa yang saya temui di jagat maya maupun jagat nyata  tak satu pun yang mengatakan  ada aturan kusus layaknya aturan  berlalu lintas yang ada undang undang 45nya. Upss .


Bisa jadi menulis ini tak ada aturan kusus, Mungkin. Rata rata ya hasil pengalamannya si tukang tulis itu aturannya. heheheh.  Hanya saja ada patokan tersendiri.  Ini kususnya bagi seorang penulis media mainstream. 


Terakhir.  Namun perlu di ketahui agar menjadi tulisan yang berbobot alias ada isinya kita harus rajin rajin membaca karena tanpa membaca kita tak memperoleh pengetahuan dan pengalaman. 



Selalu Menulis dan Membaca inilah sebenarnya kunci utamanya agar mendapatkan tulisan yang banyak. So perbanyak lah menulis dan membaca.

Dari tulisan saya di atas yang  tidak jelas itu. Singkatnya agar bisa menulis yang banyak, Hingga beberapa paragraft. Membaca lalu menuliskan apa yang telah kita baca kemudian dengarkan perintah dari suara alam bawah sadar kita hingga selesai baru setelahnya  mengedite dan merapikan hasil tulisan kita yang berantakan seperti cekeran ayam ini. 

Sementara hanya ini saja  belajar menulisnya kali ini, Lain kali kita bahas lagi di sesion yang akan datang. Semoga bermanfaat dan mudah di pahami bagi kalian yang ingin belajar menulis di dalam blog maupun yang ingin tidak kehabisan kata dalam saat penulisan berlangsung dan juga bagi yang nyasar di webblog saya ini. hehe.  Untuk para masTah dan mbakTahnya mohon maaf jika tulisan saya ini kurang relavan. Silahkan kalau ingin menambahkan dikolom kementar. Cukup sekian dan terimakasih.
Belajar

2 Komentar untuk "Cara Cepat Belajar Menulis Artikel Blog : Agar Memperoleh Tulisan Yang Banyak"

  1. hehe... saya kalau nulis artikel blog enaknya pagi, baru deh siang sampai sore beres2 rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tehh, Paleng enak itu ya pagi sebenrnya, fikiran kita masih fress. namun kalau saya biasanya malam hari. cz paginya di buat n-guli'ahh hehehhe

      Hapus
Kebijakan Berkomentar di Blog CakJun
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel